Printer / Mesin Cetak Digital Dengan Tinta Ecosolvent

Akhir-akhir ini beberapa vendor wide format printing mengeluarkan mesin dengan tinta ecosolvent. Hal ini didasari pada kebutuhan akan kesehatan kerja yang lebih terjamin bagi para pengguna mesin wide format printing. Seperti kita ketahui tinta solvent memiliki kekuatan yang sangat bagus akan tetapi menimbulkan bau yang sangat menyengat dan dapat mengganggu kesehatan. Oleh karena itu mesin-mesin cetak digital berformat besar selalu membutuhkan ventilasi bagus untuk mengatasi bau yang menyengat ini yang pada umumnya membuat biaya operasional usaha melambung.

Berangkat dari beberapa faktor tersebut akhirnya diluncurkan printer dengan tinta ecosolvent. Penerjemahan secara bebas kata ecosolvent adalah tinta solvent yang ramah lingkungan, dimana hal yang paling diunggulkan dari tinta ini adalah tidak ada atau jauh tidak bau dibandingkan dengan tinta solvent biasa sehingga tidak diperlukan ventilasi khusus. Selain itu tinta solvent memiliki karakteristik yang lebih halus sehingga dapat disemprotkan dengan resolusi kecil bahkan sampai 1440 DPI. Hal ini berefek pada hasil gambar yang dihasilkan lebih halus (boleh dikatakan hampir setara dengan tinta dye atau pigment apalagi jika dicetak di media yang tepat). Satu lagi keunggulan tinta jenis ini adalah tahan terhadap sinar UV sehingga dapat digunakan di luar ruangan (OUTDOOR). Dengan beberapa keunggulan tersebut maka tinta ecosolvent mulai menggeser keberadaan tinta solvent walau masih ada beberapa kelemahan tentang tinta ini terutama dalam hal ketahana gores. Pada umumnya tinta ecosolvent masih mudah terkelupas ketika terkena goresan, akan tetapi hal ini dapat diatasi dengan laminasi sehingga problem ini terasa tidak mengganggu.

Beberapa vendor yang sudah mengeluarkan mesin cetak digital berbasis Ecosolvent adalah Roland, Mimaki, Mutoh, Scitex, dsb. Sekarang sudah waktunya suatu industri menerapkan ramah lingkungan dalam proses produksinya sehingga akan sangat bagus jika tinta ramah lingkungan ini dijadikan option utama dalam kegiatan produksi cetak digital.

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sharing Buttons by Linksku