Pengenalan: Jenis-jenis Sticker

 

Stiker identik dengan kertas yang bisa  di tempel dimana saja, apakah itu di kemasan, botol, kaca dan lain-lain. Seperti halnya poster dan brosur yang memiliki jenis kertas dan ukuran, stiker juga memiliki berbagai jenis stiker sesuai dengan kebutuhan, indoor ataupun outdoor. Di bawah ini adalah penjelasan tentang jenis-jenis bahan stiker.

  1. Stiker Vinyl

Stiker Vinyl merupakan sebuah kertas stiker yang terbuat dari bahan Vinyl atau sebuah plastik lentur. Stiker Vinyl ini memiliki daya tahan yang sangat baik, terutama lebih tahan dengan air dan juga cuaca. Namun sayangnya, jenis kertas stiker ini tidak dapat di print dengan menggunakan printer Inkjet biasa, namun bisa diprint dengan menggunakan Laserjet Print. Untuk jenis kertas stiker ini memiliki permukaan yang glossy dan cocok yang biasanya diaplikasikan untuk stiker outdoor.

2. Stiker Bontaks

Stiker Bontaks merupakan sebuah stiker yang  mempunyai tekstur hanya seperti kertas biasa saja namun mempunyai daya rekat yang kuat. Karena stiker Bontaks ini memiliki daya rekatnya yang kuat maka jenis kertas stiker ini biasanya digunakan untuk stiker pada berbagai macam kemasan suatu produk. Jenis kertas stiker bisa dicetak dengan printer Inkjet dan dipotong dengan seukuran kertas HVS terlebih dahulu. Dan untuk  menambah daya tahan jenis kertas stiker ini bisa ditambah dengan  sebuah proses laminasi.

3. Stiker Crome

Stiker crome adalah sebuah jenis kertas stiker yang mempunyai lapisan glitter atau bisa dibilang berkilau berkilau. Untuk jenis kertas stiker ini memang tak bisa diprint. Biasanya dipakai untuk scorlet kendaraan bermotor, agar  bila terkena goresan tidak langsung mengenai  body kendaraan bermotor itu.

4. Stiker HVS

Stiker HVS merupakan jenis kertas Stiker yang memiliki ukuran kertas HVS dan pastinya selalu ada di toko-toko buku. Untuk jenis kertas Stiker ini bisa diprint dengan menggunakan sebuah printer tinta biasa. Untuk jenis stiker HVS ini memiliki daya tahan yang terbatas, dan lemnya juga mudah mengelupas. Karena memang memiliki daya rekat yang  kurang. Untuk jenis  kertas stiker ini biasanya hanya digunakan untuk mencetak Stiker souvenir saja.

4. Stiker Chromo

 Stiker Cromo merupakan sebuah Stiker (dari bahan kertas licin) yang memang bagus untuk dicetak separasi, juga memiliki daya lengket yang bagus biasa digunakan pada label botol, promosi, atau bisa juga stiker Pilkada. Namun untuk stiker jenis ini jika terkena hujan akan cepat luntur. Untuk  jenis kertas stiker ini cocok digunakan untuk promosi, tempelan di produk, stiker snack, dan lainnya.

5. Cutting Sticker

Cutting Sticker atau Stiker Potong adalah sebuah jenis sticker yang berbahan plastik bukan kertas berbeda dengan stiker kromo, dan untuk cutting stiker hampir sama dengan stiker vinyl yang bahan dasarnya adalah plastik bukan kertas. Cutting Stiker mempunyai banyak kelebihan yang dimilikinya. Jika kita bandingkan dengan sticker yang lain misalnya sticker digital printing, cutting sticker ini memiliki kelebihan bisa terlihat dari kekuatannya yang lebih tahan lama dan untuk masalah warnanya juga tidak pudar tidur seperti cetakan sticker yang lainnya. Karena dari bahan dasarnya sendiri seperti Oracal itu memiliki ketahanan untuk outdoor atau diluar ruangan bisa sampai 5 tahun, tidak seperti sticker yang lainnya sudah terlihat pudar setalah 1 tahun.

Informasi detail dan order silakan kontak kami disini

Smart Digital Printing
Jl. Prof Dr. Hamka No 10 B Padang (Depan Basko)

Office :0751-447392 / 08127733 5194
Phone: 0811663528(Irfan)
WA: 08116681072
Pin BBM : DA17FE2C (Irfan)
Email : smart2printpadang@gmail.com

Leave Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Sharing Buttons by Linksku